Loading...

Monday, September 19, 2011

JADILAH PEMBACA DAN PENDENGAR DAN PENERIMA INFORMASI YANG PINTAR

Tabea. 
Peran media sebagai pembentuk opini publik harus kita semua akui. Karena itu sangat penting memahami tujuan pemberitaan, karena pengaruhnya pada kelangsungan hidup bermasyarakat ke depan. Sekarang ini sangat sulit mendapatkan berita yang murni objektif, karena ternyata setiap media pemberita mempunyai filosofinya sendiri. 
Kadang kala berita juga disajikan tanpa memahami isi berita dan dampaknya, namun itu juga tetap membawa efek yang dapat dihubungkan dengan suatu aliran filosofi atau pandangan hidup. Di mana-mana saat ini, banyak kali berita dikemas dengan pesan-pesan psikologis yang halus dan seakan-akan bersih. Namun sebenarnya mempunyai target untuk secara halus, sistematis, perlahan tapi pasti, akan merubah wajah masyarakat itu ke depan. Yang paling agresif adalah propaganda ‘Barat’ yang ingin menunjukan hegemoninya tidak hanya dalam segi politik dan ekonomi, namun juga apa yang sedang digambarkan sebagai budayanya. Tidak semua orang ’Barat’ tentunya berperilaku seperti yang ditunjukkan di televisi, film, dan media massa.
Kita semua perlu menjadi PEMBACA DAN PENDENGAR DAN PENERIMA INFORMASI YANG PINTAR. Dengan demikian kita tak harus menghindari berita, tetapi kita bisa menerimanya dan menganalisanya dan mengambil kesimpulan tentang maksud penyajiannya, dan kemudian menentukan sikap kita. Ungkapkan Kofi Annan, seorang pemenang nobel perdamaian dari Ghana, perlu kita ingat. To live is to choose. But to choose well, you must know who you are and what you stand for, where you want to go and why you want to get there.Hidup itu pilihan. Tapi untuk memilih dengan baik, Anda harus tahu siapa diri Anda dan apa yang Anda perjuangkan, ke mana tujuan Anda, dan mengapa Anda ingin ke sana."

0 comments:


Lindungi Danau Kita dengan Menjaga Hutan Kita. Jangan biarkan ini terjadi!

http://www.wepa-db.net/pdf/0712forum/presentation26.pdf

Popular Posts